Layanan Blog Gratis yang Cocok Untuk Pemula



Bagi kalian yang baru mau bikin blog, mungkin layanan blog gratis yang kalian ketahui hanyalah Blogspot. Padahal masih ada lagi layanan blog gratis lainnya yaitu: Wordpress, Multiply, Blogsome, Blogdetik, dan dagdigdug. Itu merupakan layanan blog gratis yang terkenal dan kebanyakan digunakan di Indonesia. Sebenarnya masih ada puluhan layanan blog gratis lainnya.



Nah, trus mau pilih yang mana ? Sebaiknya kalian harus tahu pilihan layanan blog gratis yang cocok untuk kalian.


Menurut pengalaman dan pengetahuan saya, layanan blog gratis yang cocok bagi para blogger pemula adalah Blogspot. Wah kebetulan ya, layanan blog gratis yang kalian ketahui itu ternyata yang paling cocok untuk pemula. Sebenernya wordpress juga cocok untuk pemula sehingga biasanya para blogger bingung memilih antara blogspot dan wordpress. Namun, ada beberapa pertimbangan yang membuat blogspot lebih baik.


Mengapa Blogspot ?


Blogspot memiliki fitur-fitur sederhana dengan tata letak yang bagus sehingga sangat mudah dipahami oleh blogger pemula. Tampilan menu-menunya sangat tertata rapi sehingga mudah dilihat oleh blogger. Saya yakin kalian akan cepat mengerti.


Bersama Wordpress, Blogspot merupakan blog yang sangat friendly dengan google. Dengan begitu, blog anda akan cepat terindeks di google.


Lalu, blogspot bisa menerima semua widget dengan kode HTML/Java Script. Inilah yang menjadi kelemahan Wordpress karena layanan blog itu tidak bisa menerima widget berkode Java Script dan hanya bisa menerima beberapa kode HTML. Ini akan membatasi kebebasan blogger untuk meletakkan widget di blognya.


Satu lagi keunggulan blogspot adalah bisa menampilkan iklan. Ini juga tidak bisa dilakukan di wordpress.


Memang dahulu fasilitas dan fitur yang dimiliki blogspot kalah dibanding wordpress. Namun, kini blogspot sudah menyediakan fitur-fitur baru sehingga tidak kalah lagi dengan wordpress.


Bagaimana dengan Wordpress ?


Sebenarnya, wordpress lebih cocok untuk blogger profesional. Jadi, bila anda sudah mahir dalam dunia blogging memakai blogspot, anda bisa mencoba ngeblog menggunakan wordpress. Untuk kalangan profesional, wordpress lebih baik dibanding blogspot.
Previous
Next Post »

Berlangganan Artikel

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner