Macam-Macam Kegiatan Ngeblog

Mungkin, menurut anda yang belum terlalu mengerti tentang blog, kegiatan ngeblog itu hanyalah menulis/mengetik suatu artikel lalu mempublikasikannya lewat blog. Memang itu kegiatan utama ngeblog. Namun, sebenarnya masih ada kegiatan-kegiatan lain yang  berhubungan dengan ngeblog.

Kalau begitu, ngeblog itu ngapain aja sih ? Itulah pertanyaan yang akan muncul dari benak para blogger pemula. Maka saya akan menjelaskannya, lewat tulisan ini.

Menurut saya, ada beberapa macam kegiatan yang bisa dilakukan di dunia ngeblog yaitu:

1. Blogwalking (mengunjungi blog-blog lain)
Kita kunjungi beberapa blog orang lain. Lalu kita tinggalkan komentar di Shoutboxnya (kalo ada) atau mengomentari artikelnya. Ini termasuk kegiatan mempromosikan blog. Dengan begitu blog kita akan makin dikenal orang lain. Selain itu kita juga bisa mendapatkan teman ngeblog.



2. Tukeran Link(Link Exchange)
Tukeran link itu maksudnya kita memasang link blog orang lain dan orang itu memasang link blog kita. Tukeran link sangat berguna untuk blog kita. Dengan tuker link, blog kita akan mendapat backlink. Backlink yang kita dapatkan bisa meningkatkan google page rank  yang membuat blog kita akan berada di peringkat teratas di halaman google. Cara tukeran link hampir sama dengan blogwalking. Kita kunjungi blog orang lain, lalu kita tinggalkan pesan di shoutboxnya atau halaman link exchange nya, untuk meminta tukeran link. Bila orang itu setuju, kita pasang link blog dia, lalu kasih tahu kalau link blognya sudah dipasang. Lalu kita minta dia pasang link kita. Nantinya dia juga akan memberi tahu kita kalau link blog kita sudah di pasang. Bila tidak, kita cek link kita di blognya.


3. Melihat dan Memahami Statistik Blog
Statistik blog juga perlu diperhatikan karena kita akan mengetahui artikel apa yang paling banyak kunjungi oleh pengunjung blog kita, kata kunci apa yang diketik banyak orang di search engine yang membuat ia datang melihat blog kita, dan tentu saja  jumlah orang yang mengunjungi blog kita dalam 1 hari, 1 minggu, dan 1 bulan.

4. Menanggapi/Membalas komentar yang ada di Artikel/Shoutbox Blog.
Ini adalah kebalikannya dari Blogwalking. Orang lain yang mengunjungi blog kita. Bila ada orang lain yang berkomentar, baik di artikel maupun di shoutbox, kita sebaiknya membalas komentarnya. Dengan begitu orang itu akan senang karena komentar mereka ditanggapi dan ia mungkin akan tertarik berkomentar lagi di blog kita.
Kita harus bangga bila ada orang lain berkomentar di blog kita karena itu artinya blog kita ada yang mengunjungi dan isi blog kita sudah memiliki daya tarik bagi orang lain.

5. Mempercantik Blog
Agar tampilan blog kita semakin bagus dan menarik untuk dilihat, kita harus mempercantik blog kita. Ada banyak cara untuk mempercantik blog, misalnya: mengganti atau memodifikasi template, menambah widget, dan mengatur posisi widget.  


6. Mempromosikan Blog
Kebanggaan seorang blogger adalah bila blognya semakin dikenal dan banyak dikunjungi orang lain. Maka dari itu, sebaiknya kita mempromosikan blog kita. Ada banyak cara mempromosikan blog. Blogwalking, seperti yang sudah dijelaskan di no1, adalah salah satu caranya.Cara lainnya bisa dilihat disini
Kegiatan-kegiatan diatas yang membuat ngeblog itu lebih seru dan tidak membosankan

7. Rutin Menulis di Blog.
 Ini sudah di bahas di awal tulisan ini. Cuma saya ingin menekankan, kalau menulis di Blog itu harus Rutin. Setidaknya dalam sebulan ada beberapa artikel yang masuk ke blog. Rutin menulis akan membuat anda terbiasa dalam hal merangkai kata-kata, dan penggunaan bahasa. Selain itu ide-ide pokok tulisan yang ingin anda tulis juga akan muncul dengan sendirinya. Selain itu pengunjung blog anda tidak akan merasa bosan saat melihat blog anda.

Itulah kegiatan-kegiatan yang membuat ngeblog itu seru dan menyenangkan. Kita bisa mendapatkan inspirasi memperluas wawasan di bidang ngeblog dari kegiatan-kegiatan di atas.


Bila anda masih bingung dengan kegiatan-kegiatan di atas, silakan bertanya kepada saya dengan cara berkomentar di halaman ini.
Previous
Next Post »

2 komentar

Write komentar
Info Alamat
AUTHOR
30 Agustus 2015 pukul 05.49 delete

Lalu menghasilkan uang dari blog ya gan hehe

Reply
avatar

Berlangganan Artikel

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner