Manfaat Statistik Blog

Berdasarkan pengalaman saya, Statistik itu perlu digunakan untuk meningkatkan traffik pengunjung suatu blog. Saya sudah merasakan manfaatnya sejak lama. Blog saya selalu dikunjungi banyak orang tanpa mengalami penurunan drastis dibanding hari sebelumnya. Justru malah meningkat walaupun sedikit.




Statistik tidak hanya memberi tahu jumlah pengunjung secara lebih detail saja tapi juga memberi tahu informasi lainnya seperti

1. kata kunci yang diketik pengunjung di search engine

2. Halaman masuk Pengunjung

3. Link Referall

4. Kota dan Negara asal Pengunjung dan masih banyak lagi.

Dengan menggunakan info diatas kita bisa menganalisis traffik blog kita.
Hal-hal yang bisa kita analisis lewat adanya Statistik adalah

=> Tema tulisan yang paling banyak dikunjungi diblog kita

Kita menggunakan info Halaman masuk pengunjung

Misalnya isi blog kita mengenai Sepak bola, dan Musik. Namun, ternyata setelah melihat statistik, lebih banyak pengunjung yang mengunjungi halaman artikel tentang sepak bola. Dengan begitu kita bisa memperbanyak tulisan tentang sepak bola.


=> Artikel yang banyak diinginkan pengunjung

Kita gunakan info kata kunci di search engine

Misalnya blog kita hanya mengenai berita musik, namun berdasarkan statistik, ternyata banyak juga pengunjung yang datang untuk mencari chord lagu. Padahal kita sama sekali tidak punya tulisan tentang chord lagu. Maka, kita bisa menambah isi blog kita dengan chord lagu.

=> Promosi yang lebih efektif untuk blog kita

Kita gunakan info link Referall.

Pengunjung terbesar datang dari search engine sehingga mempromosikan blog ke search engine adalah hal wajib. Namun masih ada jalan lain yang bisa mengantarkan pengunjung ke blog kita. Contohnya lewat: Sosial Bookmarking, Forum, Iklan, Direktori blog, dan Jejaring sosial ? Misalnya pengunjung terbanyak kedua datang lewat Sosial bookmarking. Maka kita harus rajin memasukkan artikel blog ke Sosial bookmarking tersebut.


Itulah hal-hal yang saya lakukan untuk menigkatkan traffic dengan memanfaatkan informasi dari statistic dan hasilnya pun memuaskan.


Situs penyedia statistik cukup banyak. Contohnya shinystat.com, gostats.com, sitemeter.com, dan histats.com. Dari Indonesia adalah Indostats.com namun situs itu sedang dalam masa perbaikan.

Cara menggunakan Sitemeter bisa dilihat disini
Previous
Next Post »

1 komentar:

Write komentar

Berlangganan Artikel

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner