Widget penting untuk blog

Widget blog sangat banyak dan beraneka ragam jenisnya. Widget blog juga punya berbagai manfaat. Namun tidak perlu semua widget dipasang ke blog karena bisa membuat sidebar blog penuh sehingga blog menjadi berat, tampilan blog berantakan.

Memasang widget blog pada dasarnya memang dari kebutuhan si empunya blog.
Dari berbagai widget, ada beberapa widget yang menurut saya penting sehingga wajib dipasang di blog.

1. Follower
Supaya blogger lain bisa memfollow blog kita, maka widget follower harus dipasang.

2. Buku Tamu (Chat Box)
Widget ini sangat penting karena bisa membangun komunikasi antara pengunjung dan pemilik blog.

3. Arsip
Widget ini bisa memperlihatkan artikel-artikel blog kita yang dikelompokkan berdasarkan waktu pembuatannya.

4. Label (kategori)
Untuk memudahkan pengunjung menjelajahi isi blog kita

5. Search box
Biasanya widget ini sudah menyatu dengan template. Tapi kalau belum ada, sebaiknya dipasang. Fungsinya sama seperti poin no 4.

UPDATE

Melihat perkembangan sekarang ini, maka menurut saya Buku tamu (chat box) sudah tidak lagi penting karena justru yang sering muncul adalah pesan-pesan spam. Untuk mengganti fungsi chat box, maka maksimalkanlah kolom komentar.
Previous
Next Post »

13 komentar

Write komentar
sbrrhapsody
AUTHOR
2 Februari 2012 pukul 12.43 delete

matabbb..
http://sbrrhapsody.blogspot.com

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
7 April 2012 pukul 18.53 delete

numpang nanya ne, agar semua postingan blog tidak terlihat panjang kebawah bagaimana caranya ya?

Reply
avatar
Halim
AUTHOR
3 Mei 2012 pukul 16.11 delete

ane baru di blogspot, masih pusing :D di tnggu kunbalnya mas

Reply
avatar
renaalda27
AUTHOR
5 Oktober 2012 pukul 19.32 delete

makasih ya infonya.. bermanfaat banget apalagi saya masih baru diblog.. hehehe.. jadi ada guru ngeblog lewat Tamanbelajarblog... sekali lagi terimakasih... :)

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
14 Oktober 2012 pukul 12.50 delete

kunjungi www.muhammadnurhudaa.blogspot.com

Reply
avatar
17 Oktober 2012 pukul 15.44 delete

maaf numpang nanya, saya ada masalah lain nih di blog. jadi pas saya ke dasbor atau kelainnya formatnya kok jadi besar ya, saya mau nulis entri jadi gak bisa, bisa sih tapi bold kesananya gak ada, gmna ya cara mengatasi masalah ini admin, mohon penjelasannya ya atau kunjungi blog saya arbyansenkbaw.blogspot.com
maklum saya masih newbie dalam hal blog..
terimakasih sebelumnya :)

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
12 Desember 2012 pukul 06.57 delete

udah follow gan , follow back y http://bloggergresikcommunity.blogspot.com/

Reply
avatar
anzalarizqi
AUTHOR
27 Januari 2013 pukul 13.51 delete

wah keren sob :D
mampir sini ya
http://www.gamerost.com

Reply
avatar
sule
AUTHOR
25 Februari 2013 pukul 14.08 delete

makasih telah berbagi.
ane mau coba setiap ilmu yang ane dapet, insyaalloh..

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
18 Mei 2014 pukul 18.43 delete

Wahh. Alhamdulillah semuanya sudah saya pasang diblog saya.
Kunjungi balik + komen di http://accounting-media.blogspot.com/

Reply
avatar
Ace Maxs Shop
AUTHOR
2 Februari 2015 pukul 09.48 delete

terimakasih banyak buat tutorialnya, sangat membantu sekali...

http://acemaxsshop.com/

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
24 Mei 2015 pukul 23.55 delete

trimaksih gan thank bgt infonya ya :D

sekedar info ajja bagi informasi buat agan" yang laagi bingung atau mengalami kesulitan dalam mengurus surat" penting seprti sim,stnk,dan sebagainya ane ada tempatnya nih mudah bgt tinggal pilih dibawah
biro jasa sim
biro jasa bpkb
biro jasa perizinan
biro jasa stnk

Reply
avatar
Miliana
AUTHOR
22 Juli 2020 pukul 15.35 delete

membantu banget makasih loh kak

rcti live

Reply
avatar

Berlangganan Artikel

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner